Pemahaman tentang peranan alat peraga sangatlah penting dikuasai oleh
semua guru, terutama sekali guru sekolah dasar, karena menurut banyak teori,
anak usia sekolah dasar itu berada dalam taraf berpikir konkret (nyata).
Peranan alat peraga penting sekali dalam proses belajar mengajar di sekolah
dasar, diantaranya untuk memperjelas dan mempermudah penerimaan materi
pelajaran oleh siswa, bermanfaat untuk mengkonkritkan konsep yang abstrak dan
mengurangi verbalisme.
Banyak hasil penelitian menunjukan
bahwa proses pembelajaran akan lebih berhasil bila siswa turut aktif dalam
pembelajaran tersebut. Dengan perkataan lain, yang menjadi pusat kegiatan dalam
kegiatan pembelajaran bukanlah guru melainkan siswa. Hal ini mengandung
pengertian perlunya berbagai alat bantu sebagai fasilitas belajar yang dapat
memberikan kontribusi sangat besar bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang
diharapkan.
Alat peraga pengajaran, teaching
aids, atau audiovisual aids (AVA) adalah alat-alat yang digunakan
guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang
disampaikannya kepada siswa dan mencegah verbalisme pada diri siswa (Moh. Uzer
Usman,2001:31).
Pengajaran yang menggunakan banyak verbalisme tentu akan segera
membosankan; sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira
belajar atau senang karena mereka merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang
diterimanya (Moh. Uzer Usman,2001:31).
Belajar yang efektif harus mulai dengan pengalaman langsung atau
pengalaman konkret dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Belajar
akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga pengajaran dari pada bila
siswa belajar tanpa dibantu dengan alat pengajaran (Moh. Uzer Usman,2001:31).
Dengan demikian, penggunaan alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar
merupakan salah satu usaha dalam memperbaiki cara mengajar yang verbalistis
yang masih kita jumpai dalam pendidikan dewasa ini. Dengan bantuan alat peraga,
pengalaman belajar akan lebih baik dan lebih nyata. Anak akan lebih mudah
memahami, mudah mengingat sesuatu yang diraba, yang dicium, yang didengar serta
yang dilihat sendiri dalam wujud yang sebenarnya atau dalam bentuk tiruan atau
gambarnya, daripada hanya dibaca atau didengarnya dari buku atau ucapan orang
lain.
Nilai atau Manfaat Alat Peraga
Dalam buku Menjadi
Guru Profesional, Audiovisual aids
menurut Encyclopedia of Educational
memiliki nilai sebagai berikut:
1.
Meletakan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir. Oleh
karena itu mengurangi verbalisme.
2.
Memperbesar perhatian siswa.
3.
Membuat pelajaran lebih menetap dan tidak mudah
dilupakan.
4.
Memberikan pengalaman yang nyata yang dapat menumbuhkan
kegiatan berusaha sendiri di kalangan para siswa.
5.
Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu.
6.
Membantu tumbuhnya pengertian dan membantu perkembangan
kemampuan berbahasa.
Manfaat selain
yang tersebut di atas adalah:
- Sangat menarik minat siswa dalam belajar.
- Mendorong anak untuk bertanya dan berdiskusi karena ia ingin dengan banyak perkataan, tetapi dengan memperlihatkan suatu gambar, benda yang sebenarnya, atau alat lain.
0 comments:
Posting Komentar