3 Agu 2012

Urgensi Alat Peraga dalam Pembelajaran

Pemahaman tentang peranan alat peraga sangatlah penting dikuasai oleh semua guru, terutama sekali guru sekolah dasar, karena menurut banyak teori, anak usia sekolah dasar itu berada dalam taraf berpikir konkret (nyata). Peranan alat peraga penting sekali dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar, diantaranya untuk memperjelas dan mempermudah penerimaan materi pelajaran oleh siswa, bermanfaat untuk mengkonkritkan konsep yang abstrak dan mengurangi verbalisme.
 Banyak hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran akan lebih berhasil bila siswa turut aktif dalam pembelajaran tersebut. Dengan perkataan lain, yang menjadi pusat kegiatan dalam kegiatan pembelajaran bukanlah guru melainkan siswa. Hal ini mengandung pengertian perlunya berbagai alat bantu sebagai fasilitas belajar yang dapat memberikan kontribusi sangat besar bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Alat peraga pengajaran, teaching aids, atau audiovisual aids (AVA) adalah alat-alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikannya kepada siswa dan mencegah verbalisme pada diri siswa (Moh. Uzer Usman,2001:31).
Pengajaran yang menggunakan banyak verbalisme tentu akan segera membosankan; sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira belajar atau senang karena mereka merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang diterimanya (Moh. Uzer Usman,2001:31).
Belajar yang efektif harus mulai dengan pengalaman langsung atau pengalaman konkret dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga pengajaran dari pada bila siswa belajar tanpa dibantu dengan alat pengajaran (Moh. Uzer Usman,2001:31).
Dengan demikian, penggunaan alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu usaha dalam memperbaiki cara mengajar yang verbalistis yang masih kita jumpai dalam pendidikan dewasa ini. Dengan bantuan alat peraga, pengalaman belajar akan lebih baik dan lebih nyata. Anak akan lebih mudah memahami, mudah mengingat sesuatu yang diraba, yang dicium, yang didengar serta yang dilihat sendiri dalam wujud yang sebenarnya atau dalam bentuk tiruan atau gambarnya, daripada hanya dibaca atau didengarnya dari buku atau ucapan orang lain.

Nilai atau Manfaat Alat Peraga
Dalam buku Menjadi Guru Profesional, Audiovisual aids menurut Encyclopedia of Educational memiliki nilai sebagai berikut:
1.      Meletakan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir. Oleh karena itu mengurangi verbalisme.
2.      Memperbesar perhatian siswa.
3.      Membuat pelajaran lebih menetap dan tidak mudah dilupakan.
4.      Memberikan pengalaman yang nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan para siswa.
5.      Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu.
6.      Membantu tumbuhnya pengertian dan membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
Manfaat selain yang tersebut di atas adalah:
  1. Sangat menarik minat siswa dalam belajar.
  2. Mendorong anak untuk bertanya dan berdiskusi karena ia ingin dengan banyak perkataan, tetapi dengan memperlihatkan suatu gambar, benda yang sebenarnya, atau alat lain.

0 comments:

Posting Komentar