5 Agu 2012

Metode Mengajar


Belajar tidak semudah membalikan tangan. Banyak faktor yang mempengaruhi belajar siswa, salah satunya yaitu pemilihan metode dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan, yang melibatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu metode yang berfungsi sebagai alternative cara mencapai tujuan tersebut.

Komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum adalah tujuan, materi pelajaran, metode dan evaluasi. Komponen-komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dan salah satu komponen yang dianggap penting dalam implementasi atau dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran.

Menurut Undang, dkk (1999:17) bahwa metode yang digunakan guru dalam interaksi belajar mengajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kelancaran proses belajar mengajar.

Metode mengajar merupakan cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar yang efektif dalam pembelajaran. Setiap metode mengajar memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam membentuk pengalaman belajar siswa, tetapi satu dengan yang lainnya saling menunjang (Anitah,dkk,2007:5.17).

Prinsip-prinsip dalam Penggunaan Metode Mengajar
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode metode mengajar. Prinsip tersebut terutama berkaitan dengan faktor perkembangan kemampuan siswa.
1.      Metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran (curiosity).
2.      Metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berinteraksi yang kreatif dalam aspek seni.
3.      Metode mengajar harus memugkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah.
4.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu.
5.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan (inkuiri) terhadap sesuatu topic masalah.
6.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak
7.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri (independent study).
8.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama (cooperative learning).
9.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.

Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Metode Mengajar
1.      Tujuan pembelajaran atau kompetensi siswa
2.      Karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran
3.      Waktu yang digunakan
4.      Faktor siswa
5.      Fasilitas, media, dan sumber belajar




Daftar Pustaka
Anitah, Sri,dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka











0 comments:

Posting Komentar